“Jungkir Balik” Keluarga Trump Disidang AS, Kali Ini Ivanka

FILE PHOTO: Ivanka Trump departs the White House for a trip to Cleveland, Ohio, in Washington D.C., U.S., March 29, 2018. REUTERS/Carlos Barria/File Photo 

Foto: Ivanka Trump (REUTERS/Carlos Barria/File Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Putri Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivanka Trump, menjadi saksi di persidangan pada Rabu (8/11/2023). Ini terkait dugaan penipuan aset yang terjadi di dalam kerajaan bisnis Trump, Trump Organization.

Saat bersaksi, Ivanka ditanya oleh seorang utusan Jaksa Agung New York, Louis Solomon. Ia dimintai keterangan terkait apakah Ivanka mengambil peran dalam penyusunan laporan keuangan ayahnya.

PILIHAN REDAKSITrump Disidang Kasus Penipuan, Perusahaannya Terancam TumbangTerungkap Ramai Crazy Rich Nyalon Pemilu, Kenapa?Negara NATO Kirim Pasukan ke Israel, Ada Apa?

“Saya tidak menyadarinya. Saya tidak tahu tentang pernyataan pribadinya, selain dari apa yang telah Anda tunjukkan kepada saya,” ujarnya dalam sidang itu dikutip AFP, dikutip Kamis.

Ivanka Trump juga ditanya tentang berbagai pinjaman yang diberikan untuk bisnis keluarga antara tahun 2011 dan 201. Namun ia tidak dapat mengingat banyak rinciannya.

“Saya tidak ingat, duduk di sini hari ini, melihat persyaratan ini dari tahun 2011,” katanya tentang pertukaran email yang melibatkan Inbursa Bank.

Donald Trump, putra sulungnya Don Jr dan Eric serta eksekutif Trump Organization lainnya dituduh menggelembungkan nilai aset real estat mereka hingga miliaran dolar. Ini untuk mendapatkan pinjaman bank dan persyaratan asuransi yang lebih menguntungkan.

Jaksa Agung negara bagian New York Letitia James mengatakan bahwa ada dugaan pihak Ivanka telah “mendapatkan, menegosiasikan pinjaman untuk mendapatkan persyaratan yang menguntungkan berdasarkan laporan kondisi keuangan yang curang”.

“Hari ini dia akan berusaha menjauhkan diri dari perusahaan,” kata James kepada wartawan.

“Namun sayangnya, fakta akan mengungkap bahwa sebenarnya dia sangat terlibat,” tambahnya.

“Kami mengungkap skema tersebut dan dia secara pribadi mendapat manfaat darinya.”

Kesaksian Ivanka Trump, yang tidak menonjolkan diri sejak ayahnya meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021, mengikuti kesaksian ayah dan kedua saudara laki-lakinya. Berbeda dengan penampilan ayahnya yang tidak menentu di persidangan pada hari Senin di ruang sidang Manhattan yang sama, Ivanka Trump tampak santai dan terukur.

Suara Ivanka terkadang hampir tidak terdengar. Ini berbeda dengan Trump, kandidat terdepan dalam nominasi presiden Partai Republik pada tahun 2024, yang berulang kali bentrok dengan hakim saat memberikan kesaksian, mengecam persidangan tersebut sebagai “aib” dan “campur tangan pemilu”.

Sementara itu, kasus di New York ini adalah yang salah satu dari sejumlah persidangan yang akan dilakukan terhadap Donald Trump. Trump dijadwalkan hadir di hadapan hakim federal di Washington pada 4 Maret 2024 atas tuduhan mencoba menggulingkan hasil pemilihan presiden 2020 yang dimenangkan oleh Joe Biden dari Partai Demokrat.

Trump kemudian menghadapi pengadilan New York, kali ini dengan tuduhan membayar uang tutup mulut kepada seorang bintang porno. Kemudian ke pengadilan federal di Florida, di mana ia dituduh salah menangani dokumen rahasia setelah meninggalkan jabatannya.

Yang terakhir, http://popicedingin.com ia juga menghadapi dakwaan negara bagian di Georgia. Di mana jaksa mengatakan Trump secara ilegal mencoba mengubah hasil pemilu negara bagian Selatan itu pada tahun 2020 agar menguntungkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*